Mawar

Di dunia barat, mawar masuk dalam barisan kubu aroma terapi yang sangat penting, di mana minyak essense mawar bertarif paling mahal dari sekian minyak essense tumbuh-tumbuhan lainnya, namun di dunia timur terutama di Taiwan kehadiran mawar selain sebagai media menyatakan cinta kasih, juga dalam waktu cukup singkat mulai berkembang, hanya beberapa tahun saja belakangan ini essence minyak mawar ataupun mawar kering mulai diterima oleh masyarakat Taiwan, misalnya dalam dunia spa banyak menggunakan kelopak mawar organik untuk mandi lulur, atau kuntum mawar yang dikeringkan untuk diseduh sebagai teh, dan juga dipanaskan dalam wadah aroma terapi.

Sifat mawar : manis dan sedap aromanya, bersifat moderat.

Khasiatnya : mawar termasuk bahan penting untuk terapi Chi ( Qi), bisa juga dikatakan secara awam yaitu bisa memperlancar peredaran darah, mencairkan bagian tubuh yang mengalami penggumpalan darah seperti memar, sehingga mawar bagi wanita adalah bahan terapi mujarab sekali, karena selain bisa memperlancar menstruasi yang sering tidak teratur atau sakit perut dll sbg, juga bisa menghilangkan rasa depresi, menyegarkan ginjal, dan jika meminum teh mawar jangka panjang, akan sangat menguntungkan metabolisme, mengatur kembali Chi atau Qi, menambah kecantikan seluruh tubuh, dan mencegah sembelit bahkan.

Terapi : cocok untuk orang yang sering mengalami dada sesak atau dada sering sumpek dalam bahasa jawanya, itu disebabkan emosi yang sedang down sedang kesal sedih depresi, dan ini akan membawa dampak negatif bagi ginjal jika berlangsung dalam jangka waktu lama, maka mawar bisa meringankan keadaan ini. Masalah wanita seperti sakit perut ketika mens atau tidak lancar, atau ada gejala perdarahan, akan bisa teratasi jika sering secara kontinyu meneguk secangkir teh mawar, karena bisa segera melancarkan chi/qi berarti peredaran darah menjadi lancar.

Cara memilih: pilihlah kuntum-kuntum yang belum terbuka, artinya masih mengulum rapat, dan beraroma harum sekali. Cara penyimpanannya, cukup ditempatkan di lemari yang tidak mudah lembab.

Hal-hal tabu bagi mawar :

Waktu menyeduh teh mawar, hendaknya tidak digodok bersama airnya, melainkan cukup dicelupkan ke dalam air panas yang sudah ditaruh dipoci atau cangkir, dan karena biasanya teh mawar akan dikombinasi dengan bahan-bahan herbal tea lainnya, maka setelah bahan-bahan lainnya selesai digodok bersama air panas untuk beberapa menit di atas api, maka setelah mematikan api dan menyaring air teh herbal tsb, dan hendak dihidangkan baru memasukkan teh mawarnya, dan dibiarkan beberapa saat, baru diminum. Mengapa dianjurkan demikian, karena untuk mencegah minyak essense mawarnya menguap, dan hilang khasiatnya kalau anda memasaknya lama-lama.

 

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s