Berbuat Hanya Demi Allah Swt

Ketika terjadi perang Khandaq, kaum Muslimin menggali parit di sekeliling mereka untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan, sehingga musuh tidak dapat menyerang ke tengah pasukan kaum Muslimin.

Seorang dari pasukan musuh yang dipanggil Amr bin Abdawud, terkenal akan kekuatan, ahli berperang dan biasa mengatur pertempuran, dapat menyeberangi parit.

Pasukan kaum Muslimin pun ketakutan untuk melawannya. Hanya Sayyidina Ali ra yang mammpu menghadang lalu bertarung dengannya.

Terjadi pertempuran sengit satu lawan satu hingga akhirnya Sayyidina Ali ra dapat melemparkan Amr ke tanah dan menaiki dadanya, siap untuk menghabisinya.

Ketika Sayyidina Ali ra akan mengyunkan pedang terhadap musuh Islam ini, Amr meludah ke wajah Sayyidina Ali ra.

Orang-orang beryakinan, akibat hinaan ini Amr akan menemui ajalnya dengan cepat. Namun mereka keliru, Sayyidina Ali ra malah turun dari dada Amr dan berlalu pergi.

Melihat kesempatan itu, Amr kembali menyerang Sayyidina Ali ra dan kembali terjadi pertarungan sengit. Namun dalam waktu singkat, Sayyidina Ali ra kembali menjatuhkan Amr lalu kemudian menghabisinya.

Setelah pertempuran berakhir dan kemenangan di pihak Kaum Muslimin, orang-orang bertanya kepada Sayyidina Ali ra, mengapa ia tidak menghabisi Amr ketika mengalahkannya pertama kali.

Sayyidina Ali ra menjelaskan bahwa jika ia menghabisi Amr saat yang pertama dirobohkan, pasti tidak semata-mata demi Allah Swt, melainkan disertai pula dengan amarah akibat diludahi. Sehingga ia pun membebaskannya.

Setelah Sayyidina Ali ra dapat mengontrol amarahnya dan ia menjatuhkan Amr kedua kalinya, maka ia menghabisi Amr semata-mata demi Allah Swt.

Pesan Moral:

Sobat, walaupun niat perbuatan baik kita dimulai dengan tulus, hal itu dapat dengan mudah berubah. Jadi kita harus selalu meyakinkan diri, sehingga apapun yang kita lakukan hanya demi Allah Swt semata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s