Si Bolang

Setiap hari Minggu pukul 09.30, saya sempatkan nonton televisi. Ada beberapa acara yang paling saya sukai, acara ini dapat menghibur dengan menyuguhkan berbagai keanekaragaman budaya anak bangsa. Dari beberapa acara itu diantaranya Sibolang, Jejak Petualang dan acara jelajah alam lainnya.

Adalah Si bolang kepanjangan dari Bocah Petualang nama salah satu acara jelajah alam di Trans7, walaupun acara ini diperankan oleh anak-anak tetapi enak ditonton oleh semua kalangan. Pengambilan gambar yang bagus dengan latar pemandangan dan kehidupan yang sederhana. Kalau sedang nonton acara ini jadi ingat masa kecil dulu. Waktu kecil kami sering bermain dengan teman2 seusia. Dari mulai Main kelereng, Gatrik, baren, Petak umpet, Bekles, berenang, membuat rakit dari pohon pisang, Membuat trompet dari janur kelapa, mobil2an dari bambu dan banyak lagi permainan yang bahan bakunya terbuat dari alam.

Bolang memperkenalkan dirinya, keluarga, teman-teman dan adat istiadat serta keunikan daerahnya sehingga mampu memberikan tambahan informasi bagi penonton terutama dikalangan anak-anak. selain sebagai pendidikan bagi anak-anak acara ini pun dapat menghibur karena menyajikan keanekaragaman budaya bangsa dari seluruh indonesia.
Ketika kami masih duduk di bangku sekolah dasar dan masih belum tersentuh listrik, sering mengisi waktu luang dengan bermain seperti yang telah disebutkan diatas, apalagi jika malam bulan purnama, selesai mengaji kami langsung bermain di halaman masigit (Mesjid Kecil). Setelah merasa puas baru kami pulang ke rumah masing-masing.

Hiburan seperti televisi maupun layar tancap sangat jarang itupun kalau ada yang hajatan. di kampung kami yang punya televisi cuma 1 orang dengan spesifikasi Televisi Hitam Putih, Accumulator 12 V, Antena sekitar 25 m ditambah dengan semut yang selalu mengerubuni televisi kami.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, kini permainan tradisional mulai menghilang. Ini terjadi di kampung kami yang kebanyakan orang tua mereka ber-mata penceharian sebagai petani. Permainan tradisional banyak di gantikan oleh hadirnya Game di Komputer. Sejak kehadiran Play Station yang mulai memikat hati anak-anak untuk bermain, bertanding bahkan taruhan, permaian tradisional mulai pudar.

Acara bolang dapat memberi teladan, inspirasi, menambah wawasan, sekaligus hiburan yang unik dan menyegarkan. Karena siapa pun pasti pernah mengalami masa kecil dengan kenangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu Mari kita lestarikan budaya Indonesia, indahnya alam Indonesia, untuk warisan anak cucu kita.

5 thoughts on “Si Bolang

  1. ridwan firdaus mengatakan:

    saya senang sekali dengan acara ini karena merupakan tontonan baik untuk anak2 shg anak2 dapt menginspirasi untuk melestarikan alam indonesia….terus maju bolang

  2. andriyanto tuwit mengatakan:

    kembalikan anak ke alam..
    Lestarikan permaianan tradisional anak indonesia dari gerusan game-game elektronik dari luar.

    Salam Bocah Petualang…

  3. Anita mengatakan:

    Waduh… pinternya…… tetep main dialam ya……

  4. devia agustina mengatakan:

    permainan tradisional harus terus dikembangkan dan dibudidayakan sebab permainan tersebut sarat akan kreativitas anak.jika kita tinggalkan sangat disayangkan, karena permainan tersebut dapat membentuk pribadi anak yang sportif dan kreatif. maka lestarikan permainan tradisional demi anak2 dan menjaga budaya bangsa…semangat!!!

  5. edra mengatakan:

    si bolang adalah acara idola bagi keluarga kami, karena acara si bolang dapat mengembalikan anak-anak indonesia pada budaya mereka.
    teruslah majukan anak indonesia, dengan kisah2 anak yang inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s